#SIP Aplikasi Psikologi



A. Berikut merupakan tampilan flowchart atau kerangka pembuatan desain aplikasi mengenai personality test based on colour yang saya buat :




Setelah membuat flowchart, kemudian saya membuat sebuah desain aplikasi yang dibuat berdasarkan flowchart yang ada di atas.

Berikut adalah tampilan interface desain aplikasi psikologi yang saya buat, saya mengambil konsep dan tema dari personality test based on colour. Berdasarkan tema tersebut, saya membuat sebuah tes yang terdiri dari 25 pertanyaan singkat mengenai individu yang diawali dengan sebuah instruksi terlebih dahulu. Saya membuat hasil dari tes tersebut menjadi 4 warna, yaitu :

Red (merah), Yellow (kuning), Green (hijau), dan Blue (biru).

Setiap warna memiliki penjelasan singkat yang berbeda-beda yang didasari oleh jawaban-jawaban responden.


1. Berikut merupakan tampilan awal desain aplikasi / website yang saya buat :





2. Setelah meng-klik opsi 'try me!', maka akan muncul tampilan pengisian identitas seperti di bawah ini :



3. Setelah meng-klik opsi 'start now!', lalu akan muncul sebuah tampilan instruksi singkat mengenai  pengerjaan tes seperti di bawah ini :


4. Setelah meng-klik opsi 'next', maka akan muncul tampilan tes yang disertai dengan clipart-clipart yang sekiranya berhubungan dengan pertanyaan yang ditampilkan seperti di bawah ini :


Di setiap pertanyaan, disediakan dua opsi yaitu 'previous question' untuk kembali mengecek dan melihat pertanyaan serta jawaban sebelumnya, dan 'next question' untuk lanjut ke pertanyaan selanjutnya.


Setelah sampai pada pertanyaan terakhir dan sudah yakin dengan semua jawaban yang telah di isi, maka responden boleh klik opsi 'see your result!' berwarna hijau di sudut kanan bawah untuk melihat hasil yang didapatkan.

5. Berikut adalah tampilan semua hasil yang akan ditampilkan sesuai dengan preferensi jawaban yang di isi :












6. Lalu, di sertai pula sebuah saran untuk para responden sebagai penutup yang manis dari desain aplikasi ini, dan tak lupa diberikan opsi 'see more tests!' manakala ada desain aplikasi-aplikasi lain yang menarik untuk dicoba :




Desain aplikasi ini didominasi oleh warna cream, warna yang lembut dan enak dipandang mata, lalu dibuat kontras oleh dominasi warna-warna yang juga berkaitan dengan topik aplikasi agar para responden yang membuka aplikasi ini tidak merasa bosan dan mampu mengerjakan tes dengan baik untuk mendapatkan hasil yang optimal dan cocok!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS I : KELEBIHAN & KEKURANGAN 6 IDEOLOGI

MAKNA NILAI SILA-SILA DALAM PANCASILA

TUGAS II : HUBUNGAN PANCASILA DENGAN UUD 1945 & PASAL-PASALNYA